cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN
ISSN : 25484621     EISSN : 25484648     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEWUJUDKAN WARGA NEGARA BAIK DAN CERDAS Prasetyo, Danang; Danurahman, Jeni; Hermawan, Hendra
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.52768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan warga negara yang baik (good citizen) melalui penyelenggaraan mata kuliah PKn yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Kajian ini diharapkan mampu memberikan rumusan penyelenggaraan mata kuliah pendidikan kewarganegaraan yang ideal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan fokusnya adalah memperdalam pemahaman manajemen pendidikan kewarganegaraan dalam proses pencapaian warga negara yang baik dan cerdas (smart and good citizens) yang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKn merupakan ilmu yang perlu dipelajari untuk membentuk warga negara yang baik, cerdas, ideal, berbakat yang berdasarkan ideologi Pancasila. Pendidikan kewarganegaraan memiliki tujuan membentuk warga negara yang baik yang meliputi tiga aspek yaitu civics knowledge, civics skills, civics disposition. Upaya pembentukan warga negara yang baik dan cerdas melalui pendidikan kewarganegaraan dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman terhadap pengetahuan yang menekankan pembentukan sikap kejujuran, integritas, disiplin, dan kerja keras guna menjadi bangsa yang berkarakter dan berdaya saing. This research aims to determine the process of forming a good citizen through the implementation of civics courses in accordance with Pancasila and the UUD NRI 1945. This study is expected to be able to provide a formulation for the implementation of an ideal civic education course. This research is a qualitative research, and the focus is to deepen the understanding of civic education management in the process of achieving smart and good citizens. The results showed that Civics is a science that needs to be studied to form good, smart, ideal, talented citizens based on the Pancasila ideology. Citizenship education has the goal of forming good citizens which includes three aspects, namely civics knowledge, civics skills, civics disposition. Efforts to form good and smart citizens through civic education can be carried out by providing an understanding of knowledge that emphasizes the formation of honesty, integrity, discipline and hard work in order to become a nation with character and competitiveness.
BENTENG CEPURI KOTAGEDE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM MATA PELAJARAN IPS Arrazaq, Naufal Raffi; Hasan, Renol; Tasnur, Irvan
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.59740

Abstract

Kajian mengenai Benteng Cepuri sebagai sumber belajar sejarah pada mata pelajaran IPS belum dilakukan secara mendalam oleh peneliti terdahulu. Tujuan penelitian ialah menganalisis keterkaitan Benteng Cepuri Kotagede dengan mata pelajaran IPS. Metode penelitian ialah kualitatif dengan data studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menguraikan data Benteng Cepuri Kotagede dan dikaitkan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Benteng Cepuri Kotagede berpotensi digunakan sebagai sumber belajar sejarah dalam mata pelajaran IPS. Benteng Cepuri Kotagede memiliki keterkaitan dengan mata pelajaran IPS kelas VII SMP/MTs KD 3.4., yang mengulas kronologi kehidupan Bangsa Indonesia masa Islam. Salah satu peninggalan masa Islam ialah Benteng Cepuri Kotagede dari masa Kerajaan Mataram Islam. Pendidik dapat mengkaitkan antara KD, indikator, dan tujuan pembelajaran IPS dengan nilai-nilai kesejarahan dan arkeologi Benteng Cepuri Kotagede. Materi yang dapat dikembangkan dari Banteng Cepuri Kotagede ialah tata kota, teknologi, riwayat bencana, serta pelestarian peninggalan sejarah dan arkeologi. The study of Cepuri Fort in Kotagede as a source of historical learning in social studies subjects has not been carried out in depth by previous researchers. The purpose of the study was to analyze the relationship between Cepuri Fort in Kotagede and social studies subjects. The research method is qualitative with literature study data. Data analysis was carried out by outlining the data of Cepuri Fort in Kotagede and attributed it to the basic competencies (KD) of social studies subjects. The results showed that Cepuri Fort in Kotagede has the potential to be used as a source of learning history in social studies subjects. Cepuri Fort in Kotagede is related to the social studies class VII subject of SMP/MTs KD 3.4., which reviews the chronology of the life of the Indonesian nation during the Islamic period. One of the relics of the Islamic period is the Cepuri Fort in Kotagede from the time of the Mataram Islam Kingdom. Educators can relate the KD, indicators, and objectives of social studies learning with the historical and archaeological values of Cepuri Fort in Kotagede. The materials that can be developed from Cepuri Fort in Kotagede are urban planning, technology, disaster history, and preservation of historical and archaeological relics.
FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK DARI KECANDUAN PORNOGRAFI DI KALANGAN ANAK REMAJA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIALNYA Afriliani, Cindy; Azzura, Novika Asrima; Sembiring, Jemina Regina Beru
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.61470

Abstract

Pornografi merupakan salah satu perilaku negatif yang umum dilakukan oleh remaja dikarenakan mudahnya mengakses konten pornografi di tambah hasrat ingin tahu remaja yang tinggi menyebabkan banyak remaja yang terjerumus di dalam kecanduan hal-hal yang berbau pornografi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan menonton film porno pada remaja dan dampak yang ditimbulkan akibat kebiasaan tersebut terhadap aktivitas sosialnya sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif, yang memanfaatkan data-data kualitatif kemudian dijabarkan secara deskriptif. Kemudian metode Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Sedangkan jenis data yang akan digunakan adalah Dokumentasi dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor yang menyebabkan kecanduan film pornografi yang pertama adalah teman sebaya, kemudian pengaruh lingkungan, media sosial, teknologi, kurangnya perhatian dan pendidikan agama dari keluarga, tekanan psikologi akibat disharmoni keluarga, dan tidak kalah penting adalah lemahnya pertahanan diri dan juga predisposing faktor. Dampak yang ditimbulkan berupa menjadi pribadi yang tertutup, tidak percaya diri, berprilaku negatif, sulit konsentrasi dan terganggunya jati diri. Pornography is one of the negative behaviors that is commonly carried out by teenagers due to the ease of accessing pornographic content coupled with the high curiosity of teenagers causing many teenagers to fall into addiction to pornographic things. The purpose of this study was to identify the factors that influence the habit of watching pornographic films in adolescents and the impact these habits have on their daily social activities. The method used in this study is descriptive qualitative, which utilizes qualitative data and then describes it descriptively. Then the data collection method uses library research. While the type of data to be used is documentation and literature. The results of this study indicate that the factors that cause addiction to pornographic films are peers first, then environmental influences, social media, technology, lack of attention and religious education from the family, psychological pressure due to family disharmony, and no less important is weak self-defense and also predisposing factors. The impact is in the form of being a closed person, not confident, negative behavior, difficulty concentrating and disturbed identity.
ANALISIS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI Safitri, Tia Ayu; Rifa'i, Muhammad Nanang
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.62028

Abstract

Berdasarkan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKPD berbasis PjBL dalam pembelajaran IPS, menganalisis respon peserta didik terhadap LKPD berbasis PjBL dalam pembelajaran IPS, dan menganalisis kreativitas belajar peserta didik dalam penggunaan LKPD berbasis PjBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain model Borg and Gall. Sumber penelitian ini adalah pendidi, peserta didik, para ahli. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi, kuesioner, evaluasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data disimpulkan; LKPD berbasis PjBL sangat valid dengan persentase sebesar 90,00%, kreativitas belajar peserta didik dalam penggunaan LKPD berbasis PjBL di MTs Al Ikhlas sangat tinggi atau sangat kreatif dengan persentase hasil observasi sebesar 89,11%, dan respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis PjBL dalam membangun kreativitas belajar peserta didik MTs Al Ikhlas adalah baik atau menarik, persentase rata-rata skor angket sebesar 74,87%. This study aims to analyze the feasibility of PjBL-based LKPD in social studies learning, analyze student responses to PjBL-based LKPD in social studies learning, and analyze students' learning creativity in using PjBL-based LKPD. This type of research is Research and Development (R&D) with a Borg and Gall model design. The sources of this research are educators, students, experts. Data was collected using validation sheets, questionnaires, evaluations, and documentation. Data analysis in this research is using quantitative analysis techniques. Based on the data analysis concluded; PjBL-based LKPD is very valid with a percentage of 90.00%, students' learning creativity in using PjBL-based LKPD at MTs Al Ikhlas is very high or very creative with a percentage of observation results of 89.11%, and student responses to the use of PjBL-based LKPD in building the learning creativity of MTs Al Ikhlas students is good or interesting, the average percentage of the questionnaire score is 74.87%.
REALITAS SOSIAL CYBER COMMUNITY DALAM RUANG VIRTUAL MEDIA SOSIAL Putri, Noviani Achmad; Hardati, Puji; Atmaja, Hamdan Tri; Banowati, Eva
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.62835

Abstract

Realitas interaksi sosial yang muncul dalam ruang virtual dapat dilihat pada aktivitas para pelajar di Kota Semarang melalui media sosial. Realitas sosial yang muncul bahwasannya sebanyak 98,2% pelajar di Kota Semarang sebagian besar menggunakan sosial media berupa Tiktok dan Instragram. Realitas tersebut dapat dilihat dalam dua hal yakni realitas interasi sosial positif dan negatif dalam ruang virtual. Pada realitas interaksi sosial positif fenomena yang muncul dengan interaksi pelajar di dunia maya membawa dampak yakni memperluas jejaring pertemanan, memperkuat personal branding, mendapatkan informasi yang bermanfaat, menciptakan komunitas belajar, menambah sumber belajar, mengasah keterampilan dari hal-hal baru, memudahkan dalam belajar daring, menumbuhkan jiwa sosial. Sedangkan disisi lain memunjulkan realitas sosial negatif dalam penggunaan media sosial yakni pemanfaatan media sosial yang kurang optimal, kurangnya etika dalam berkomunikasi, salah memanajemen waktu sehari-hari, berkurangnya interaksi sosial secara langsung, merusak kesehatan mental maupun jasmani, dan penyalahgunaan sosial media. The reality of social interaction that appears in virtual space can be seen in the activities of students in the city of Semarang through social media. The social reality that emerges is that 98.2% of students in the city of Semarang mostly use social media in the form of Tiktok and Instagram. This reality can be seen in two ways, namely the reality of positive and negative social interactions in cyberspace. In the reality of positive social interaction, phenomena that arise with student interaction in cyberspace have an impact, namely expanding friendship networks, strengthening personal branding, obtaining useful information, creating learning communities, adding learning resources, honing skills from new things, facilitating online is study. , cultivating social life. Meanwhile, on the other hand, negative social realities emerge in the use of social media, namely the use of social media that is less than optimal, lack of ethics in communication, mismanagement of daily time, reduced direct social interaction, mental and physical health damage, and misuse of social media.
PENGARUH MEDIA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD Isa, Salsha Fairuz Putri; Rustini, Tin
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.63949

Abstract

Salah satu keberhasilan pendidikan tercermin dalam peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi dan menentukan tingkat hasil belajar siswa adalah media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, dan motivasi siswa untuk meningkatkan belajarnya. Media pembelajaran diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang erat kaitannya dengan tujuan pembelajaran, sekaligus sebagai pelengkap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media terhadap pembelajaran IPS di sekolah dasar dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa, karena penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. One of the successes of education is reflected in the improvement of student learning outcomes. One of the factors that influence and determine the level of student learning outcomes is the learning media used for learning. Media is anything that can be used to stimulate the mind, attention, and motivation of students to improve their learning. Learning media is expected to be a source of learning that is closely related to learning objectives, as well as a complement to learning. This study aims to examine the effect of media on social studies learning in elementary schools by using a qualitative descriptive method. The use of learning media in the teaching and learning process can generate new desires and interests, generate motivation and stimulation of learning activities, and even bring psychological effects on students, because the use of learning media at the learning orientation stage will greatly help the effectiveness of the learning process and delivery of messages and content of the lesson at that time.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA DALAM KOMUNITAS MOBILE LEGENDS Andrianto, Muhammad Alvin; Gunawan, Maulana Fadhilah; Nugraha, Dendy Satria; Gifanus, M. Furqon; Nurhadi, Mukti
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.64046

Abstract

Pancasila merupakan sistem etika yang digunakan sebagai dasar filosofi dan ideologi negara Indonesia. Dalam komunitas Mobile Legends, Pancasila diharapkan dapat menjadi acuan dalam bermain game agar tercipta suasana yang saling menghargai, sportif, dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pancasila diterapkan dalam komunitas Mobile Legends dan apa dampaknya terhadap tingkah laku pemain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan survei google form sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pancasila diimplementasikan dalam komunitas Mobile Legends melalui program-program pengembangan karakter pemain yang diselenggarakan oleh pihak pengelola game. Dampak yang ditimbulkan dari implementasi Pancasila tersebut adalah terwujudnya sikap sportif dan bertanggung jawab pada pemain Mobile Legends. Sebagai kesimpulan, Pancasila dapat dijadikan sebagai sistem etika dalam komunitas Mobile Legends untuk menciptakan suasana yang sehat dan berkualitas dalam bermain game. Pancasila is an ethical system used as the basis for the philosophy and ideology of the Indonesian state. In the Mobile Legends community, Pancasila is expected to be a reference in playing games in order to create an atmosphere of mutual respect, sportsmanship, and responsibility. This research aims to analyze how Pancasila is applied in the Mobile Legends community and what impact it has on player behavior. The method used in this research is a qualitative method with a google form survey as a data collection technique. The results showed that Pancasila is implemented in the Mobile Legends community through player character development programs organized by the game manager. The impact of the implementation of Pancasila is the realization of sportsmanship and responsibility in Mobile Legends players. In conclusion, Pancasila can be used as the system of ethics in the Mobile Legends community to create a healthy and quality atmosphere in playing games.
MENANAMKAN NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI TRADISI KUPATAN DALAM PEMBELAJARAN IPS Dwi Safitri, Erna Novia
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.68350

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki tradisi atau budaya yang sangat beragam, salah satunya yaitu tradisi kupatan. Dalam tradisi kupatan ini terdapat nilai-nilai yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan tradisi kupatan dapat digunakan sebagai sarana penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran IPS. Tradisi kupatan dapat dikaitkan pada bab interaksi sosial, sosialisasi sosial dan sejarah serta penyebaran agama islam di tanah Jawa melalui walisongo khususnya Sunan Kalijaga. Indonesia is a country that has very diverse traditions or cultures, one of which is the kupatan tradition. In this kupatan tradition there are values ​​that can be integrated into social studies learning. This study uses a qualitative method with a narrative approach. Collecting data using observation techniques, interviews, and literature study. The results of this study indicate that the implementation of the kupatan tradition can be used as a means of instilling local wisdom values ​​in social studies learning. The kupatan tradition can be linked to the chapters on social interaction, social and historical outreach, and the spread of Islam in Java through walisongo, especially Sunan Kalijaga.
REPRESENTASI ETNISITAS TERHADAP TRADISI MITONI Kurniawan, Hanif; ., Sudjarwo; Sinaga, Risma Margaretha
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.70108

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji representasi tradisi mitoni masyarakat Jawa yang tinggal di Kab. Lampung Tengah Kec. Trimurjo Kel. Simbarwaringin. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci masalah yang akan diteliti dengan mempelajari sebanyak mungkin individu, kelompok atau peristiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mitoni merupakan salah satu cara berkomunikasi orang Jawa dengan menggunakan simbol. Nilai-nilai spiritual mitoni merupakan simbol ideologi Jawa eskatologis yang berfungsi menjaga keharmonisan sosial. This research is intended to examine the representation of the mitoni tradition of the Javanese people who live in the Kab. Central Lampung Kec. Trimurjo Kel. Simbarwaringin. This research method is descriptive qualitative which aims to describe, describe, explain, explain and answer in more detail the problems to be studied by studying as much as possible an individual, a group or an event. The results of the study show that Mitoni is one of the Javanese ways of communicating by using symbols. The spiritual values ​​of mitoni are symbols of eschatological Javanese ideology which functions to maintain social harmony.
IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI SMP AT-TAUHIDIYAH SUMENEP Homaidy, Iqwan; Aulia, Siti Siti
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1 Mei 2023
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v8i1.70313

Abstract

SMP At-Tauhidiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan persoalan lingkungan sebagai model kreativitas peserta didik dalam upaya menumbuhkan budaya sadar lingkungan. Lembaga pendidikan ini secara sadar mengampanyekan isu-isu lingkungan melalui keterampilan siswa. Sekolah dijadikan ruang menyuarakan isu-isu lingkungan yang hari ini masif dibicarakan. Jenis peneitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Objek penelitian yaitu siswa yang terlibat dalam pengelolaan sampah di SMP At-Tauhidiyah. Hasil penelitian ini yakni Perencanaan penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pengelolaan sampah mengacu pada kurikulum K-13, memetakan guru mata pelajaran sebagai pembimbing program kegiatan, dan membentuk kegiatan rutin yang diselenggarakan satu kali dalam seminggu, selanjutnya pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pengelolaan sampah melalui pengenalan siswa pada beberapa jenis sampah dan mempraktekkan cara memilah sampah serta yang terakhir evaluasi penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pengelolaan sampah yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali bersama dengan berbagai pihak terkait di lingkungan sekolah. At-Tauhidiyah Middle School as an educational institution that makes environmental issues a model of student creativity in an effort to foster an environmentally conscious culture. This educational institution consciously campaigns for environmental issues through student skills. Schools are used as spaces for voicing environmental issues which are massively discussed today. This type of research is qualitative research with the research subject, namely the school principal and the research object, namely students involved in waste management at At-Tauhidiyah Middle School. The results of this study are planning to strengthen character education in waste management activities referring to the K-13 curriculum, mapping subject teachers as activity program supervisors, and forming routine activities that are held once a week, then implementing strengthening character education in waste management activities through introduction students on several types of waste and practice how to sort waste and finally evaluate strengthening character education in waste management activities which are carried out every 3 months together with various related parties in the school environment.

Page 1 of 1 | Total Record : 10